[GEOFISIKA - 2019] Analisis Pola Lapisan Bawah Permukaan Dan Arah Aliran Air Pada Rel Kereta Api Dengan Data Resistivitas, Studi Kasus: Martapura, Sumatera SelatanMuhammad Iqbal Naufaldi (12115007) / Dr. Ahmad Zaenudin M.T. / Teknik Geofisika, 2019Pergeseran rel kereta api yang terjadi di sekitar PUSAT LATIHAN TEMPUR (PUSLATPUR) TNI-AD, Martapura-Baturaja diduga kuat disebabkan oleh pola lapisan bawah permukaan dan arah aliran air yang berada dipermukaan dan di bawah permukaan. Faktor lainnya dikarenakan adanya satuan batuan lempung dari form... |
[PWK - 2019] Identifikasi Kesiapan Kawasan Stasiun Kereta Api Tanjung Karang Sebagai Kawasan Transit Orinted Development (TOD)Aken Andha Runiawan (22115020) / Dr. Rahayu Sulistyorini, S.T., M.T. / Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019Kota Bandar Lampung merupakan jenis kota metropolitan berdasarkan jumlah penduduknya dan saat ini kota ini terus membangun infrastruktur untuk kendaraan bermotor. Jumlah penduduk Kota Bandar Lampung setiap tahun terus meningkat, dan masih ketergantungannya masyarakat terhadap kendaraan pribadi, sehi... |
[SIPIL - 2019] Analisis Sistem Struktur Jembatan Kereta Api dengan Base IsolationKirtinanda P (21115007) / Prof. Ir. Binsar H. Hariandja, M. Eng., Ph.D. / Teknik Sipil, 2019Penggunaan kereta api sebagai moda transportasi masal merupakan suatu kebutuhan di Indonesia. Karena itu, pembangunan infrastruktur penunjang seperti jembatan dan terowongan merupakan hal yang sudah biasa. Jembatan terdiri atas struktur atas, sambungan, dan struktur bawah. Sambungan pada jembatan te... |
Evaluasi Tingkat Kebisingan Lingkungan Pada Kawasan Permukiman Di Sekitar Stasiun Labuhanratu Kota Bandar LampungIBNU FACHRUL / Novi Kartika Sari S.T., M.T. / Teknik Lingkungan, 2024Stasiun Kereta Api Labuhanratu yang terletak di Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung berada di kawasan padat penduduk. Hal ini menjadi permasalahan pada masyarakat yang bermukim di sekitar Stasiun Labuhanratu karena menimbulkan gangguan kenyamanan akibat aktivitas kereta api yang berlintas. Unt... |
KARAKTERISTIK PENUMPANG MODA KERETA API (STUDI KASUS : KERETA API KUALA STABAS)M. Rian Holio / Ir. Titi Liliani Soedirdjo, M.Sc. / Teknik Sipil, 2023Dipilihnya kereta api kuala stabas dikarenakan sebagai kereta yang diberi subsidi dan paling baru di stasiun tanjung karang, yang baru beroperasi sejak tahun 2018. Tarif yang telah ditetapkan oleh pemerintah cukup terjangkau karena beda nilai cukup jauh dari harga komersil yang sebelumnya diterapkan... |
EVALUASI REL DAN BANTALAN BERDASARKAN BEBAN ANGKUT LINTAS DAN KINERJA OPERASI KERETA API (STUDI KASUS: JALAN REL TANJUNG KARANG – REJOSARI)Frans Dermanto Hutabarat / Galih Rio Prayogi, S.T., M.Sc / Teknik Sipil, 2024Hubungan antara kondisi jalan rel dan kinerja operasi dalam sistem transportasi kereta api sangat erat kaitannya, kondisi ini memainkan peran kunci dalam menentukan efisiensi, keamanan, dan kenyamanan perjalanan. Kondisi jalan rel yang optimal menjadi dasar untuk mencapai kinerja operasi yang ... |
ANALISIS KEGAGALAN REL KERETA API PADA AREA LUBANGRomadhoni Nurfi Trimuxas / Ir. Eko Pujiyulianto, ST, M.Eng. / Teknik Material, 2024Kereta api adalah salah satu moda transportasi massal yang sangat penting dalam mobilitas modern. Namun, keamanan dan kehandalan sistem kereta api tergantung pada integritas struktural komponen utama, seperti rel kereta api. Rel kereta api yang digunakan pada umumnya di Indonesia jenis R-54. Peneli... |
Peningkatan Frekuensi Kereta Api Bandara Minangkabau ExpressDika Rahayu / Nurmagita Pamursari, S.T., M.T. / Student Dissertations and Theses, 2024Jumlah penumpang Bandara Internasional Minangkabau menunjukkan tren peningkatan setiap tahunnya, namun beberapa tahun terakhir terdampak karena Covid -19. Peningkatan jumlah penumpang juga terjadi pada angkutan Kereta Api Bandara Minangkabau Express. Namun, dalam jadwal frekuensi kereta api bandara ... |
Analisis Performa Operasi Kereta Api Kuala Stabas Ruas Tanjung Karang - KotabumiMuhammad Rafi Kurniawan / / Student Dissertations and Theses, 2024Seiring dengan peningkatan jumlah penumpang kereta api penumpang di Divre IV Tanjung Karang tahun 2022 ke 2023 dari 556.240 orang menjadi 756.460 orang. Peningkatan penumpang terjadi pada kereta api Kuala Stabas. Namun adanya peningkatan frekuensi kereta api di Divre IV Tanjung Karang terutama ru... |
Perencanaan KRL Commuterline Guna Transportasi Massa Jakarta International StadiumIham Fahwa Zhilly / Nurwanda Sari, S.T., M.T. / Student Dissertations and Theses, 2024Perencanaan KRL Commuterline lintas JIS bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pengunjung dan mengurai kepadatan pengunjung setelah kegiatan berakhir di Jakarta International Stadium. Hasil perencanaan operasi kereta api beserta sistem penguraian massa di kawasan stadion diberikan sebagai rekomendasi ke... |
Evaluasi Kapasitas Lintas Jalur Ganda Dan Efektivitas Pelayanan Penumpang Kereta Api (Stasiun Kertapati - Prabumulih)Komang Krisna Deva / Ir. Titi Liliani Soedirjo, M.Sc. / Student Dissertations and Theses, 2024Penelitian ini mengevaluasi jalur ganda kereta api di Stasiun Kertapati-Prabumulih, yang mulai beroperasi pada tahun 2018, dengan fokus pada kapasitas lintas dan efektivitas pelayanan penumpang. Jalur ganda sepanjang 80 km ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas transportasi dan mengurangi risiko... |
Analisis Uji Kekerasan dan Uji Struktur Mikro Rel Kereta Api Tipe Rel R-54 Dengan Variasi Media Pendingin Heat TreatmentADINDA KANAYA TABITHA / Ir. Amelia Oktavia, S.T.,M.T.,IPM.,CST.,CSP / Student Dissertations and Theses, 2024Baja rel R.54 merupakan baja yang termasuk kedalam baja karbon tinggi. Baja rel R.54 memiliki unsur karbon 0,60-0,80 % memungkinkan dapat dilakukan proses pengerasan dengan perlakuan panas (Heat Treatment) yang sesuai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental laboratorium. Penelitian ber... |
Evaluasi Peningkatan Keselamatan Perlintasan Sebidang Kereta Api di Kota Bandar Lampung (Rute Tanjung Karang - Garuntang)ULUL AMRI / Ir. Amelia Oktavia, S.T.,M.T.,CST.,CSP / Student Dissertations and Theses, 2024Perlintasan sebidang kereta api adalah persilangan antara jalur kereta api dengan jalan, baik jalan raya ataupun jalan kecil lainnya, merupakan titik terjadinya konflik antara moda transportasi. Pertemuan antara dua jenis prasarana transportasi jalan raya dengan perlintasan rel kereta api Kota Banda... |
Pengaruh Pertambahan Penduduk Terhadap Perubahan Tutupan Lahan di Kawasan Sekitar Stasiun Kereta Api Tanjung Karang Tahun 2013-2022INDAH CAHAYA RAMADHANI / Dr.-Eng. Ir. IB Ilham Malik, S.T., MT., IPM., ATU. / Student Dissertations and Theses, 2024Stasiun kereta api sebagai simpul transportasi darat menjadi pusat pertumbuhan yang memicu peningkatan jumlah penduduk. Pertambahan penduduk ini berdampak pada perubahan tutupan lahan di kawasan sekitarnya. Penelitian ini meneliti hubungan kausal antara pertambahan penduduk dengan perubahan tutupan ... |
PEMERIKSAAN DAN PERAWATAN LENGKUNG JALAN REL NO 10 KM 5 + 986 SAMPAI 6 + 296 DAN NO 11 KM 6 + 930 SAMPAI 7 + 110 ANTARA STASIUN SUKAMENANTI - TANJUNG KARANGReki Pratama / Ir. Amelia Oktavia, S.T., M.T. IPM. / Teknik Perkeretaapian, 2025Perkeretaapian adalah sebuah sistem terpadu yang mencakup prasarana, peralatan, dan sumber daya manusia, serta norma, kriteria, persyaratan, dan prosedur yang diperlukan untuk operasional transportasi kereta api. Prasarana perekeretaaapian menjadi bagian yang sangat penting untuk mendukung keselamat... |